Cari

Tuesday, September 30, 2008

Memilih Jalur Mudik dan Balik Yang Tepat, Studi kasus : Yogya - Lampung



Pembaca, dalam posting yang saya tulis di tempat saya mudik (kampung halaman) ini saya tidak hendak membahas tips-tips mudik yang dapat anda lihat di sini, sini, dan sana. Walaupun demikian, bagi pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi, sangat disarankan untuk beristirahat bahkan menginap di peristirahatan ketika Anda lelah daripada Anda memaksakan diri yang PERCAYALAH akan menurunkan kebahagiaan Anda berpergian. Kelelahan akan membuat Anda meningkatkan kecepatan kendaraan dengan emosional agar segera sampai padahal konsentrasi Anda sudah menurun. Dalam posting ini saya hendak mengajak Anda untuk melihat situasional jalur-jalur mudik dan balik. Siapa tahu bisa jadi bahan strategi Anda memilih jalur, ya kan?

Perlu diketahui saat ini saya dan keluarga tinggal dan menetap di Yogyakarta (yang sering dijuluki Yogya Never Ending Asia, artinya saya sama sekali gak paham J) dan kampung halaman saya adalah Bandar Lampung. Sehingga posting ini berkisar tentang jalur-jalur yang menghubungkan dua tempat (Yogya-Lampung) itu.

Ada 3 jalur besar yang dapat kita bicarakan, Jalur Pantura, Jalur Pantai Selatan Tengah, Jalur Pantai Selatan via Ciamis/Tasik. Ketiga jalur tersebut merupakan dapat ditarik dari Yogya kemudian bertemu kembali di Tol Cikampek-Jakarta.

Berikut kita bahas situasional dan lebih kurangnya antara 3 jalur besar yang ada.

  1. Jalur Pantura

Mulai dari Cikampek, lurus ke timur melewati Tegal, Brebes, Kendal, Batang, sampai mentok di Semarang baru turun ke selatan lewat Magelang dan akhirnya Yogya. Jalur ini punya ciri khas, jalannya besar. Tapi dengan kelebihannya itu sekaligus berkonsekwensi pada jalur ini banyak digemari pemudik dan bus-bus, yang artinya MACET dan rawan kecelakaan, musuh utama para pemudik. Lalu kekurangan yang lainnya, jalur ini cukup jauh secara melewati Semarang seperti mengambil jalur dari sisi-sisi tegak dari sebuah segitiga siku-siku. Oleh karena itu, apabila anda tetap menghendaki memilih jalur ini (NGEYEL!), maka saya sarankan mepet-mepet sekali dengan Lebaran (H-1 dan H+1) atau sekalian jauh-jauh hari sekali (H-15 dan H+15) agar terhindar dari si Macet. Titik-titik macet terkenal adalah Ungaran, Ambarawa, Alas Roban (awas jalan turun naik), dan the famous Tegal, Brebes itu selain tentunya sekitar masuk tol Cikampek.

  1. Pantai Selatan Tengah

Melewati jalur yang sama dengan Pantura, Jalur ini berpisah di Tegal, Brebes untuk langsung turun selatan ke arah daerah ‘ngapak-ngapak’, Cilacap. Seperti halnya jalur Pantura, titik rawan ada di Tegal Brebes dan masuk tol Cikampek. Setelah titik tersebut perjalanan akan lancar (insya Allah!J). Kekurangan dari jalur ini adalah jalannya yang relatif lebih kecil.

  1. Jalur Selatan via Ciamis/Tasik

Seperti halnya jalur selatan sebelumnya, ukuran jalannya secara umum relatif lebih kecil. Apabila anda mudik ke timur, maka jalur ini tidak direkomendasikan karena kemacetan hebat sering terjadi di daerah Nagrek, tapi tidak berlaku untuk yang mudik ke barat. Melewati gunung-gunung di daerah Malangbong maka perjalannya cukup turun-naik (seperti Alas Roban, tapi mungkin lebih panjang). Satu keunggulan besar dari jalur ini adalah tidak melewati titik macet arah Tegal, Brebes.

Kesimpulan :

Bagi Anda yang mudik ke barat, jalur high recommended adalah jalur ke 3 karena titik rawan macet hampir tidak ada.

Sementara bagi Anda yang mudik ke timur, jalur selatan-tengahlah yang cukup baik, karena tidak melewati pegunungan sehingga setidaknya kalo anda kena macet tidak berisiko mundur atau kemunduran truk/bus.

PS. Untuk semua jalur, siap-siaplah macet di Merak-Bakauheni. Paling enak Anda datang pagi-pagi atau tengah malam sekalian. Karena biasanya siang-sore akan terjadi penumpukan karena itu jadwalnya sebagian besar bus-bus besar nyebrang.


image diambil dari : www.cybermap.co.id dan tanwirul.blogspot.com

Wednesday, September 24, 2008

Shocking News About Delphi+Interbase!


Ndak kerasa sudah hampir 9 tahun saya mengenal Delphi dan Interbase. Bermula dari interbase 4.2 bawaan Delphi 3, sampai terakhir saya menggunakan Interbase 6.5 yang dipaket Delphi 7 (pls jgn tanya bajakan atau nggak).

Dari perjalanan waktu itu saya rasanya sudah cukup nyaman bergelut dengan versi 6, 6.5 bahkan kadang2 versi 5. Yang penting programnya jadi dan bisa digunakan.. begitu pikir saya. Ya, saya cukup puas dengan stabilitas dan small-footprint yang ditawarkan DBMS ini. Sayapun mengabaikan tawaran upgrade technology dengan .NET dan berita-berita terbaru lainnya dari Borland.

Sampai hari ini, saya baru merasa ketinggalan. Membaca informasi di sini dan sana, ternyata Borland dan Delphi+Interbase-nya telah berpisah. Saya sebelumnya sudah cukup curiga dengan Borland ini, sempat ganti nama jadi Inprise, lalu balik lagi ke Borland, kemudian Interbase yang punya 3 jenis (opensource (versi 6), closesource, firebird), terus mandegnya Kylix . Penasaran saya cek wikipedia , buset.. programer-programer pelopornya bahkan satu persatu masuk microsoft. Ah, Borland.. ada apa denganmu.

Setelah mengalami masa-masa yang sulit Borland menjual Delphi+IB (yang ditangani subsidiary-nya, CodeGear) ke Embarcadero pada bulan Mei 2008.

Cuma bisa ngomong "Selamat tinggal Borland, semoga datang harapan baru"

Sunday, September 7, 2008

Ingin `Kurus’

ini lanjutan dari posting sebelumnya :)

Untuk sahabat-sahabat yang ingin kurus: jangan diet (dalam pengertian mengurangi frekuensi makan). Diet justru menambah kecenderungan tubuh untuk menabung lemak karena `dilaparkan’ . Ketika diet memang makanan tidak masuk, tapi begitu makanan masuk, kecenderungan tubuh untuk menimbun lemak dari makanan justru lebih besar.

Rahasia kurus sebenarnya adalah menjaga agar respon insulin dalam tubuh stabil, tidak melonjak-lonjak. Caranya, hanya makan makanan yang memberi respon insulin rendah, yaitu yang indeks glikemiknya rendah.

Respon insulin tubuh meningkat bila:
  • Makin tinggi jumlah karbohidrat yang dimakan dalam satu porsi, makin tinggi pula respon insulin tubuh (ini umumnya porsi kita di Indonesia: lebih dari 70 persen dari satu porsi makannya adalah nasi). Makanya, makanlah dengan karbohidrat cukup lima puluh persennya saja. Sisanya protein, dan 5-10 persennya lemak. Lemak ini cukup dari lemak yang terkandung dalam daging yang kita makan, misalnya. Atau kuning telur. Tidak perlu menambah minyak atau memakan lemak hewan (yang justru buruk pengaruhnya bagi tubuh). Lemak (sedikit!) masih diperlukan untuk mengolah beberapa nutrisi dan vitamin, dan untuk membawa nutrisi ke seluruh tubuh.
  • Semakin tinggi GI (Glycemic Index) karbohidrat yang dikonsumsi, semakin meningkat pula respon insulin tubuh. Makanya, makan hanya makanan yang GI-nya rendah. Nanti saya jelaskan di bawah.
  • Semakin jarang makan, semakin meningkat respon insulin setiap kali makan.

Ini sebabnya diet (dalam pengertian: mengurangi frekuensi makan supaya kurus) tidak akan pernah berhasil untuk jangka lama. Setelah diet selesai, tubuh justru akan cenderung lebih gemuk dari sebelum diet. Supaya kurus (baca: supaya respon insulin tidak melonjak) justru harus makan lebih sering (4-5 kali sehari) tapi dengan porsi setengah atau sepertiga porsi biasa, dengan karbohidrat maksimal 50 persen saja setiap porsi.

Kalau respon insulin tubuh sudah stabil, maka tinggal diatur: kalau ingin kurus, kalori yang masuk harus lebih sedikit dari kalori makanan yang dibutuhkan untuk aktivitas sehari hari. Tambah dengan olahraga teratur untuk membakar lemak berlebih dalam tubuh, dan memperbesar otot. Otot membutuhkan energi, maka makin terlatih otot, ia akan makin mengkonsumsi lemak dalam tubuh kita untuk energi.

Sebaliknya kalau ingin memperbesar otot (bukan gemuk) atau mengencangkan badan, maka kalori yang masuk harus agak lebih banyak dari jumlah kalori yang akan kita pakai untuk aktivitas selama sehari, agar otot mengalami pertumbuhan. Otot sendiri dirangsang pertumbuhannya dan `kekencangannya’ dengan olahraga teratur. Perbanyak protein agar pertumbuhan otot optimal. Karbohidrat cukup diposisikan sebagai bahan pemberi energi, bukan untuk mengenyangkan perut.

Lucu ya: kalau ingin kurus atau memperbaiki bentuk badan, termasuk menumbuhkan otot, justru harus makan lebih sering dengan porsi kecil. Makan yang mengandung lemak, goreng-gorengan, kanji, atau karbohidrat sederhana seperti gula, manisan, minuman ringan bersoda dan sebangsanya itu sudah out of the question. Kalau kita jarang makan, atau makan tidak teratur dan sekalinya makan `balas dendam habis-habisan’ , ya justru respon insulin kita juga melonjak dan membuat tubuh jadi menimbun lemak.

Sekali lagi, baik ketika berbuka puasa atau dalam makanan keseharian, makanlah makanan yang seimbang: 50 persen karbohidrat kompleks, 40-45 persen protein dan 5-10 persen lemak dalam setiap porsinya. Jauhilah karbohidrat sederhana sebisa mungkin. Kalaupun harus makan karbohidrat sederhana karena butuh energi cepat carilah yang nilai indeks glikemiknya rendah.

Karbohidrat kompleks membutuhkan waktu untuk diubah tubuh menjadi energi. Dengan demikian, makanan diproses pelan-pelan dan tenaga diperoleh sedikit demi sedikit. Dengan demikian, kita tidak cepat lapar dan energi tersedia dalam waktu lama, cukup untuk aktivitas sehari penuh. Sebaliknya, karbohidrat sederhana menyediakan energi sangat cepat, tapi akan cepat sekali habis sehingga kita mudah lemas. Maka, ketika makan sahur, jangan makan yang banyak mengandung gula, karena kita akan cepat lemas. Makanlah karbohidrat kompleks (protein jangan dilupakan!) sehingga kita tetap berenergi sampai waktu berbuka.

Karbohidrat sederhana, GI tinggi (energi sangat cepat habis, respon insulin tinggi: merangsang penimbunan lemak) adalah: sukrosa (gula-gulaan) , makanan manis-manis, manisan, minuman ringan, jagung manis, sirop, atau apapun makanan dan minuman yang mengandung banyak gula. Hindari, puasa atau tidak puasa.

Karbohidrat sederhana, GI rendah (energi cepat, respon insulin rendah): buah-buahan yang tidak terlalu manis seperti pisang, apel, pir, dan sebagainya. Sekarang ngerti kan, kenapa para pemain tenis dunia, pemain bola, pemain basket atau pelari sering terlihat `ngemil pisang’ di pinggir lapangan? Karena mereka butuh energi cepat, tapi nggak ingin badannya gembul berlemak.

Karbohidrat Kompleks, GI tinggi (energi pelan-pelan, tapi respon insulinnya tinggi): Nasi putih, kentang, jagung.

Karbohidrat Kompleks, GI rendah (energi dilepas pelan-pelan sehingga tahan lama, respon insulin juga rendah): Gandum, beras merah, umbi-umbian, sayuran. Ini yang paling dicari para praktisi fitness.

Makanan yang diproses pelan-pelan (karbohidrat kompleks) akan membuat kita tidak cepat lapar dan energi dihabiskan cukup untuk aktivitas satu hari penuh; respon insulin rendah membuat tubuh kita tidak cenderung untuk menabung lemak.

Kalau saya pribadi, sahur cukup dengan oatmeal gandum (ditambah gula sedikiiiiiit) , atau roti coklat gandum, dua atau tiga butir telur rebus (kuningnya saya hancurkan dan ditebarkan di rumput untuk makanan semut-semut di halaman rumah), sayuran segar, dan air putih. Ini sudah cukup untuk membuat tenaga saya tidak habis sampai buka puasa karena energi dari karbohidrat kompleksnya (gandum) akan dilepas pelan-pelan ke dalam tubuh sepanjang hari. Ketika berbuka, sesuai anjuran Rasulullah dan sufi tadi, saya biasanya minum segelas air, lalu shalat maghrib. Setelah shalat makan nasi seperti biasa, sebisa mungkin dengan porsi karbohidrat- protein-lemak-air proporsional. Dan tentu tidak untuk `balas dendam’ karena puasa seharian. Ini justru saat yang penting untuk melatih melawan keinginan hawa nafsu `makan sekenyang-kenyangnya. Belajar sabar.

Jadi, saya kira, “berbukalah dengan yang manis-manis” itu adalah kesimpulan yang terlalu tergesa-gesa atas hadits tentang berbuka diatas. Karena kurma rasanya manis, maka muncul anggapan bahwa (disunahkan) berbuka harus dengan yang manis-manis. Pada akhirnya kesimpulan ini menjadi waham dan memunculkan budaya berbuka puasa yang keliru di tengah masyarakat. Yang jelas, `berbukalah dengan yang manis’ itu disosialisasikan oleh slogan advertising banyak sekali perusahaan makanan di bulan suci Ramadhan.

Namun demikian, sekiranya ada di antara para sahabat yang menemukan hadits yang jelas bahwa Rasulullah memang memerintahkan berbuka dengan yang manis-manis, mohon ditulis di komentar di bawah, ya. Saya, mungkin juga para sahabat yang lain, ingin sekali tahu.

Semoga tidak termakan waham umum `berbukalah dengan yang manis’. Atau lebih baik lagi, jangan mudah termakan waham umum tentang agama. Periksa dulu kebenarannya.

Kalau ingin sehat, ikuti saja kata Rasulullah: “Makanlah hanya ketika lapar, dan berhentilah makan sebelum kenyang.” Juga, isi sepertiga perut dengan makanan, sepertiga lagi air, dan sepertiga sisanya biarkan kosong.

“Kita (Kaum Muslimin) adalah suatu kaum yang bila telah merasa lapar barulah makan, dan apabila makan tidak hingga kenyang,” kata Rasulullah.

“Tidak ada satu wadah pun yang diisi oleh Bani Adam, lebih buruk daripada perutnya. Cukuplah baginya beberapa suap untuk memperkokoh tulang belakangnya agar dapat tegak. Apabila tidak dapat dihindari, cukuplah sepertiga untuk makanannya, sepertiga lagi untuk minumannya, dan sepertiga lagi untuk nafasnya.” (HR Tirmidzi, Ibnu Majah dan Ibnu Hibban dalam Shahihnya yang bersumber dari Miqdam bin Ma’di Kasib)

Semoga bermanfaat

Herry Mardian, Yayasan Paramartha

Berbukalah [Tidak] Dengan Yang Manis..

mumpung lagi ramadhan, ni hasil berburu artikel di milis.. thanks for the author,Herry Mardian, gak marah kan?


Sekarang lagi Ramadhan. Di bulan puasa itu, sering kita dengar kalimat `Berbuka puasalah dengan makanan atau minuman yang manis,’ katanya. Konon, itu dicontohkan Rasulullah saw. Benarkah demikian?

Dari Anas bin Malik ia berkata : “Adalah Rasulullah berbuka dengan Rutab (kurma yang lembek) sebelum shalat, jika tidak terdapat Rutab, maka beliau berbuka dengan Tamr (kurma kering), maka jika tidak ada kurma kering beliau meneguk air. (Hadits riwayat Ahmad dan Abu Dawud)

Nabi Muhammad Saw berkata : “Apabila berbuka salah satu kamu, maka hendaklah berbuka dengan kurma. Andaikan kamu tidak memperolehnya, maka berbukalah dengan air, maka sesungguhnya air itu suci.”

Nah. Rasulullah berbuka dengan kurma. Kalau tidak mendapat kurma, beliau berbuka puasa dengan air. Samakah kurma dengan `yang manis-manis’ ? Tidak. Kurma, adalah karbohidrat kompleks (complex carbohydrate) . Sebaliknya, gula yang terdapat dalam makanan atau minuman yang manis-manis yang biasa kita konsumsi sebagai makanan berbuka puasa, adalah karbohidrat sederhana (simple carbohydrate) .

Darimana asalnya sebuah kebiasaan berbuka dengan yang manis? Tidak jelas. Malah berkembang jadi waham umum di masyarakat, seakan-akan berbuka puasa dengan makanan atau minuman yang manis adalah ’sunnah Nabi’. Sebenarnya tidak demikian. Bahkan sebenarnya berbuka puasa dengan makanan manis-manis yang penuh dengan gula (karbohidrat sederhana) justru merusak kesehatan.

Dari dulu saya tergelitik tentang hal ini, bahwa berbuka puasa `disunnahkan’ minum atau makan yang manis-manis. Sependek ingatan saya, Rasulullah mencontohkan buka puasa dengan kurma atau air putih, bukan yang manis-manis.

Kurma, dalam kondisi asli, justru tidak terlalu manis. Kurma segar merupakan buah yang bernutrisi sangat tinggi tapi berkalori rendah, sehingga tidak menggemukkan (data di sini dan di sini). Tapi kurma yang didatangkan ke Indonesia dalam kemasan-kemasan di bulan Ramadhan sudah berupa `manisan kurma’, bukan lagi kurma segar. Manisan kurma ini justru ditambah kandungan gula yang berlipat-lipat kadarnya agar awet dalam perjalanan ekspornya. Sangat jarang kita menemukan kurma impor yang masih asli dan belum berupa manisan. Kalaupun ada, sangat mungkin harganya menjadi sangat mahal.

Kenapa berbuka puasa dengan yang manis justru merusak kesehatan?

Ketika berpuasa, kadar gula darah kita menurun. Kurma, sebagaimana yang dicontohkan Rasulullah, adalah karbohidrat kompleks, bukan gula (karbohidrat sederhana). Karbohidrat kompleks, untuk menjadi glikogen, perlu diproses sehingga makan waktu. Sebaliknya, kalau makan yang manis-manis, kadar gula darah akan melonjak naik, langsung. Bum. Sangat tidak sehat. Kalau karbohidrat kompleks seperti kurma asli, naiknya pelan-pelan.

Mari kita bicara `indeks glikemik’ (glycemic index/GI) saja. Glycemic Index (GI) adalah laju perubahan makanan diubah menjadi gula dalam tubuh. Makin tinggi glikemik indeks dalam makanan, makin cepat makanan itu dirubah menjadi gula, dengan demikian tubuh makin cepat pula menghasilkan respons insulin.

Para praktisi fitness atau pengambil gaya hidup sehat, akan sangat menghindari makanan yang memiliki indeks glikemik yang tinggi. Sebisa mungkin mereka akan makan makanan yang indeks glikemiknya rendah. Kenapa? Karena makin tinggi respons insulin tubuh, maka tubuh makin menimbun lemak. Penimbunan lemak tubuh adalah yang paling dihindari mereka.

Nah, kalau habis perut kosong seharian, lalu langsung dibanjiri dengan gula (makanan yang sangat-sangat tinggi indeks glikemiknya) , sehingga respon insulin dalam tubuh langsung melonjak. Dengan demikian, tubuh akan sangat cepat merespon untuk menimbun lemak.

Saya pernah bertanya tentang hal ini kepada seorang sufi yang diberi Allah `ilm tentang urusan kesehatan jasad manusia. Kata Beliau, bila berbuka puasa, jangan makan apa-apa dulu. Minum air putih segelas, lalu sholat maghrib. Setelah shalat, makan nasi seperti biasa. Jangan pernah makan yang manis-manis, karena merusak badan dan bikin penyakit.. Itu jawaban beliau. Kenapa bukan kurma? Sebab kemungkinan besar, kurma yang ada di Indonesia adalah `manisan kurma’, bukan kurma asli. Manisan kurma kandungan gulanya sudah jauh berlipat-lipat banyaknya.

Kenapa nasi? Lha, nasi adalah karbohidrat kompleks. Perlu waktu untuk diproses dalam tubuh, sehingga respon insulin dalam tubuh juga tidak melonjak. Karena respon insulin tidak tinggi, maka kecenderungan tubuh untuk menabung lemak juga rendah.

Inilah sebabnya, banyak sekali orang di bulan puasa yang justru lemaknya bertambah di daerah-daerah penimbunan lemak: perut, pinggang, bokong, paha, belakang lengan, pipi, dan sebagainya. Itu karena langsung membanjiri tubuh dengan insulin, melalui makan yang manis-manis, sehingga tubuh menimbun lemak, padahal otot sedang mengecil karena puasa.

Pantas saja kalau badan kita di bulan Ramadhan malah makin terlihat seperti `buah pir’, penuh lemak di daerah pinggang. Karena waham umum masyarakat yang mengira bahwa berbuka dengan yang manis-manis adalah ’sunnah’, maka puasa bukannya malah menyehatkan kita. Banyak orang di bulan puasa justru menjadi lemas, mengantuk, atau justru tambah gemuk karena kebanyakan gula. Karena salah memahami hadits di atas, maka efeknya `rajin puasa = rajin berbuka dengan gula.’

bersambung ke bagian II

Semoga bermanfaat
Herry Mardian, Yayasan Paramartha