Kemplang Pedes

Thursday, June 28, 2012

Cara membuat profil jaringan ganda pada Windows XP/2000

Cerita berawal dari admin jaringan di kantor saya yang membuat policy koneksi ruangan kami menggunakan wi-fi tanpa DHCP alias harus set alamat IP dll secara manual. Pada awalnya sih cukup memaklumi dan mencoba mengikuti apa yg sudah digariskan kepada kami :) Namun hal ini cukup mengganggu ketika ternyata di kampus saya menggunakan DHCP server, sementara saya sehari bisa bolak balik kantor-kampus beberapa kali. Jadilah kegiatan ini menjadi 'ritual' khusus yang membuang waktu saya yang berharga.

Otak saya kemudian berfikir, apakah ada di Windows (sistem operasi yang saya gunakan) semacam network profile sehingga setting-setting tersebut bisa saya simpan dan dipanggil dengan 'satu klik' saja.
Dengar-dengar MacOs ternyata punya feature ini. Jadi gimana, apakah kita harus gigit jari?

Ternyata ada cara membuat network profile ini tanpa harus menggunakan software atau program khusus. Berikut caranya :



  1. Buka shell DOS dengan start -> run, kemudian ketik cmd [Enter]
  2. Pada shell DOS, tulis: netsh-c interface dump > c :/ windows/system32/setting01.txt
    nama file (setting01.txt) bisa anda set berbeda.
  3. Kemudian ganti setting IP anda dengan setting yang lain, kemudian ulangi langkah 2 tapi dengan nama file yang lain.. misalnya setting02.txt
  4. Sekarang buatlah shortcut eksekusi ke kedua file tadi di desktop, pada desktop anda, klik kanan pada daerah kosong dan pilih New -> Shortcut
  5. Tulis: %windir%\system32\netsh.exe -f c:\windows\system32\setting01.txt  klik [Next]
  6. Berikutnya tulis nama link yang muncul sebagai judul ikon, misalnya: Kantor
  7. Ulangi langkah 5 dan 6 untuk jaringan lain, jangan lupa ubah nama file txt dan judul ikon pada langkah 5 dan 6... )
  8. Selesai, jika mau lebih cantik, kita dapat mengubah gambar ikon yang tampil pada desktop, dengan klik kanan, properties, change icon (ikon file default adalah c:/windows/system32/shell32.dll).
 
 

Labels: ,

2 Comments:

  • This comment has been removed by a blog administrator.

    By Blogger Unknown, At January 5, 2016 at 1:14 AM  

  • If you're trying to lose kilograms then you certainly need to get on this totally brand new custom keto meal plan diet.

    To create this keto diet service, licenced nutritionists, fitness trainers, and top chefs have united to produce keto meal plans that are powerful, decent, money-efficient, and delightful.

    Since their launch in January 2019, thousands of individuals have already remodeled their figure and health with the benefits a good keto meal plan diet can provide.

    Speaking of benefits: clicking this link, you'll discover eight scientifically-proven ones provided by the keto meal plan diet.

    By Blogger Unknown, At February 25, 2020 at 5:28 AM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]



<< Home