Cari

Monday, December 7, 2015

Membaca harddisk berukuran besar di sistem Windows XP (GPT to MBR)

Yang pertama perlu dicatat adalah, Windows XP 32 bit ke bawah tidak mendukung pembacaan harddisk dengan struktur informasi partisi berformat GPT namun hanya yang berformat MBR. Perbedaannya dapat anda baca di sana. Selanjutnya kita juga perlu menginsyafi bahwa Windows XP 32 bit ke bawah hanya dapat membaca harddisk dengan maksimal ukuran space 2 TB.

Namun adakalanya harddisk yang kita beli berukuran 2 TB atau kurang, sudah terformat GPT dan tidak dapat diakses di Windows XP 32 bit ke bawah. Untuk melihatnya pada Windows XP, klik kanan pada icon "My Computer" pada desktop Windows dan klik "Manage", lalu klik icon "Disk Management".

Gambar : Harddisk 40GB (Disk 1) yang berformat GPT pada Computer Management

Harddisk GPT pada contoh gambar di atas adalah harddisk Disk 1 (tampak bertuliskan GPT Protective Partition). Jika kita klik kanan pada harddisk (Disk 1) tersebut, maka pilihan "New Partition" untuk membuat partisi baru tidak tersedia.

 Agar dapat diakses, kita dapat membeli software aplikasi yang dapat mengkonversi harddisk GPT menjadi MBR seperti ini dan itu, Software-software tersebut dapat membantu kita mengkonversi tanpa harus mengalami kehilangan partisi ataupun data yang sudah ada. 

Adapun jika harddisk yang kita miliki tidak ada data yang penting atau masih baru, maka ada cara yang simpel dan tidak berbayar, harddisk tersebut dapat kita konversi dengan menggunakan perintah
 DISKPART. Berikut urutan langkahnya :

[PERINGATAN, LANGKAH INI AKAN MENGHAPUS SELURUH ISI HARDDISK YANG DIMAKSUD, JADI YAKINKAN BAHWA ANDA MENGHAPUS HARDDISK YANG BENAR DAN TIDAK ADA DATA YANG PENTING]
  1. Masuk console cmd atau command : Start -> Run -> ketik cmd lalu tekan tombol [enter].
  2. Ketik DISKPART [enter]
  3. Ketik LIST DISK [enter]
  4. Muncul daftar Disk yang ada di sistem, perhatikan Disk yang GPT disk yang mana.
  5. Misal disk GPT adalah Disk 1 (seperti contoh di atas), maka selanjutnya ketik SELECT DISK 1 [enter]
  6. Selanjutnya ketik CLEAN [enter].
Setelah selesai masuk kembali ke Computer Management dan klik Disk Management. Sesaat kemudian muncul Wizard untuk mengkonversi disk, klik next next saja, maka jika tidak ada kendala harddisk kita sudah berformat MBR.

Selanjutnya klik kanan pada harddisk MBR yang baru tersebut, maka tampak bahwa pilihan New Partition sudah menyala sehingga kita dapat memproses pembuatan partisi harddisk .


Selanjutnya pembuatan partisi seperti biasa dapat kita lakukan. Semoga berhasil

4 comments: