Cari

Wednesday, September 24, 2008

Shocking News About Delphi+Interbase!


Ndak kerasa sudah hampir 9 tahun saya mengenal Delphi dan Interbase. Bermula dari interbase 4.2 bawaan Delphi 3, sampai terakhir saya menggunakan Interbase 6.5 yang dipaket Delphi 7 (pls jgn tanya bajakan atau nggak).

Dari perjalanan waktu itu saya rasanya sudah cukup nyaman bergelut dengan versi 6, 6.5 bahkan kadang2 versi 5. Yang penting programnya jadi dan bisa digunakan.. begitu pikir saya. Ya, saya cukup puas dengan stabilitas dan small-footprint yang ditawarkan DBMS ini. Sayapun mengabaikan tawaran upgrade technology dengan .NET dan berita-berita terbaru lainnya dari Borland.

Sampai hari ini, saya baru merasa ketinggalan. Membaca informasi di sini dan sana, ternyata Borland dan Delphi+Interbase-nya telah berpisah. Saya sebelumnya sudah cukup curiga dengan Borland ini, sempat ganti nama jadi Inprise, lalu balik lagi ke Borland, kemudian Interbase yang punya 3 jenis (opensource (versi 6), closesource, firebird), terus mandegnya Kylix . Penasaran saya cek wikipedia , buset.. programer-programer pelopornya bahkan satu persatu masuk microsoft. Ah, Borland.. ada apa denganmu.

Setelah mengalami masa-masa yang sulit Borland menjual Delphi+IB (yang ditangani subsidiary-nya, CodeGear) ke Embarcadero pada bulan Mei 2008.

Cuma bisa ngomong "Selamat tinggal Borland, semoga datang harapan baru"

1 comment:

  1. wah kok gak nelpon aku toh kabar kayak gitu..suk meneh gak nerima pesenan delphi program kih hehe..

    ReplyDelete