Cari

Wednesday, February 1, 2012

Printer driver is Unknown


Pernah mengalami masalah printer Anda tidak bisa mencetak dan keluar tulisan : Printer Driver is Unknown ?

Saya sempat pusing dengan masalah ini. Biasanya ini terjadi ketika Anda memasang printer baru (terutama printer HP), sementara driver lamanya masih ada di Windows.


Untuk kasus ini, maka yang Anda harus lakukan adalah menghapus semua driver printer lama kemudian menginstal kembali driver printer tersebut.

Nah, masalahnya menghapus driver printer ini tidak hanya dilakukan pada printer drivernya di menu Printer & Fax pada Control Panel/Setting saja. Setelah itu Anda lakukan, Anda masih harus menghapus file-file driver tersebut di sistem.



Langkah pertama matikan dan cabut printer dari komputer Anda.

Hapus printer driver di menu Printer & Fax.

Kemudian telusuri C:\Windows\inf dan hapus file oemX.inf dan oemX.pnf yang berhubungan dengan printer Anda.., sebelum dihapus coba buka dulu file oem tersebut dengan notepad dan cari petunjuk apakah file tersebut adalah file driver printer Anda. (Agar lebih aman lebih baik Anda hapus dengan mengirim file yang ingin dihapus recycle bin saja)

Sudah selesai? masih ada file lain yang harus Anda hapus..
Telusuri C:\WINDOWS\system32\spool\drivers\ dengan windows explorer.. nah disana ada beberapa file/folder. Carilah folder driver printer Anda.. kemudian untuk gampangnya, rename saja folder yang Anda curigai sebagai driver printer tersebut. (kalo ternyata trouble, tinggal dikembalikan lagi ke nama filenya semula). Di komputer saya nama foldernya adalah : C:\WINDOWS\system32\spool\drivers\w32x86\hewlett_packardhp_la26dd dan C:\WINDOWS\system32\spool\drivers\w32x86\3.
Kedua folder tersebut saya hapus..

Sekarang Anda install ulang kembali file printer Anda. Kemudian hidupkan dan hubungkan printer Anda dengan komputer kembali.

Goodluck ya!

PS. Ada juga yang mengalami masalah ini dikarenakan menginstal program AOL.. coba cek di Add remove program Anda.. hilangkan dulu program Aol tersebut, lalu install ulang driver printernya.

2 comments:

  1. dulu saya juga pernah seperti ini tapi solusi sekarang sangat mudah. yaitu download drivers solution pack. gratis lho ini..bisa untuk semua komponen laptop & PC

    ReplyDelete