Cari

Wednesday, September 30, 2009

Kelemahan Windows (XP) yang Sering Dimanfaatkan Virus

Dan oleh karena itu harus kita tutup, matikan, hilangkan saja!

  1. System Restore, yaitu suatu fasilitas yang digunakan untuk mengembalikan sistem operasi yang tidak stabil kembali ke suatu "restore point" tertentu beberapa hari di belakang hari ini. Sayangnya fasilitas ini kemudian dimanfaatkan untuk melestarikan virus-virus yang masuk dengan cara menginfeksi "point-point restore" tersebut. Cara mematikan klik disini
  2. Folder sharing (yang di set Read-Write/Full), yaitu suatu fasilitas yang dapat digunakan untuk mengakses suatu file di komputer tetangga dalam jaringan fisik dan subnet yang sama. Asiknya, kita bisa mengerjakan file yang tersimpan di suatu komputer dari komputer manapun dalam jaringan yang sama. Sayangnya, dengan adanya folder sharing yang diset full ini, virus dapat merajalela untuk meletakkan file perangkapnya maupun langsung menginfeksi file kerja yang ada. Saya pernah berkeluh kesah tentang ini di sini.
  3. Autoplay/Autorun pada removable drive, yaitu fasilitas windows yang memungkinkan sistem operasi secara otomatis menjalankan file skrip autorun.inf pada drive-drive removable (CD, flashdisk dll). Gampang kan kalo mau jahat? File autorun tinggal disuruh aja untuk menjalankan file virusnya. Cara mematikan klik di sini.
  4. User Profile yang tidak diberi password, terutamanya Administrator. Cara memberi password sudah pernah saya bahas di sini.
  5. Port-port RPC terbuka yang tidak diperlukan, sudah sering dimanfaatkan beberapa masterpiece virus, seperti Conficker dan Nimda

Masih ada beberapa lagi.. Anda mau menambahkan?

4 comments:

  1. ooooo... tak kira Windows nya yang dimatikan... :D

    ReplyDelete
  2. oi ded...

    klo sepi kerjaan dan net gratisan ya ngblog aja.. gue blom insap juga tuh buat akun fb.. maless dot net :)

    itu bahasamu buset dah ded, mboten ngertos komputerais banggett

    ReplyDelete
  3. Lumayan....(Dina Said) Dripada yg ga bagi2 ilmu.Maju terus Ded

    ReplyDelete
  4. emz gto ya, memang ce windows ska terkena virus.
    mkzh ya bwt info'y sangt bermnfaat sekli, dan jg jdi nambah ilmu lg nih

    ReplyDelete