Cari

Loading...

Thursday, June 18, 2009

Blue Screen di Instalasi XP untuk Laptop Compaq Presario CQ40

Minggu ini saat menginstall Windows XP di laptop seorang kerabat, saya terkaget karena selalu mendapatkan layar Blue Screen of Death (BSOD) ketika instalasi akan memasuki layar grafis dari Windows. Berulang-ulang dicoba masih begitu juga. Gonta-ganti CD (kali CDnya yang trouble) masih begitu. Pake CD non bajakan juga sama. Ada apa? Setelah muter-muter kesana kemari ternyata masalahnya adalah master keluarga Windows mulai XP kebelakang tidak support HDD dengan teknologi AHCI.

Terus piye?


Perkembangan teknologi hardware ternyata tidak menyebabkan sebagian (besar?) menjadi nurut dengan tuntutan hardware akan support softwarenya.

Apa maksud loe sih Ded? Ehehe saya bicara tentang laptop2 jaman sekarang yang sudah dilabeli semacam "working with windows Vista" and so on, and so on. Tentu ada alasannya, sebagai contoh yang akan saya bahas di sini Windows Vista pada masternya sudah mendukung teknologi AHCI, yaitu semacam teknologi yang berkaitan dengan hard disk ente2 semua. Sementara Windows XP belum mendukung teknologi itu, padahal di lain sisi, para pembeli leptop baru dengan AHCI tersebut banyaaaak yang masih setia dengan Windows XP. Kalo saya survey sebagian teman dan sanak sodara, jawabannya adalah:
1. Lebih familiar dengan Windows XP (syndrom anak bebek!)
2. Vista yang rakus resource dan nakutin bagi yang spec komputernya pas-pasan.
3. Banyak program yang naturenya di XP belum bisa jalan 100% sama baiknya di Vista.

Oalah singkat cerita, dengan berjuta alasan lainnya, POKOKNYA, saya sebagai orang yang di-tuakan di keluarga harus bisa menginstall XP di leptop adik saya yang sepertinya anti-XP tersebut!

Spesifikasi leptopnya adalah HP Compaq Presario CQ40 324TU. Setelah mengeluarkan keringat dingin selama 2 hari (bahkan situs www.hp.com aja gak ngasih clue yang jelas!) akhirnya pencarian saya di Internet terbayar dengan mengikuti petunjuk dari mas ferdy di blognya. Berikut saya re-post di sini yah... makasih mas ferdy.


update : Sebelum melakukan langkah di bawah, sebaiknya kita cek dulu di BIOS setting. Laptop terkini ternyata menyediakan setting untuk mendisable AHCI atau mengganti mode ke IDE.
















Install Windows XP di Compaq Presario CQ40-108TU
Notebook Presario CQ40-108TU adalah salah satu seri yang laris terjual. Notebook ini dibandrol dengan harga yang murah karena dijual tanpa Operating System. Sehingga dari pabrikan tidak didukung dengan OS dan Driver bawaan. Adapun driver yang didukung dalam situs resmi juga hanya tersedia untuk sistem operasi Windows Vista, padahal masih banyak orang yang lebih suka menggunakan Windows XP dibandingkan Windows Vista yang cenderung lebih berat.
Akan tetapi apabila di-install menggunakan Windows XP, saat masuk di lembar deteksi Harddisk.. terjadi bluescreen.. Sebenarnya masalahnya adalah Windows XP SP1/SP2 tidak mengenal AHCI, berarti kita harus membuat CD Instalasi Windows XP ini mengenal IDE/SATA agar bisa diistall Windows XP SP2. Berikut ini cara yang aku coba dan telah berhasil.

Beberapa program yang dibutuhkan :
a. Microsoft .NET Framework Version 2.0
b. nLite
c. ICH9 sata driver


Setelah semua ada, terlebih dulu install Net framework. Setelah selesai install nLite.

Langkah selanjutnya :

1. Masukkan CD Instalasi Windows XP
2. Jalankan nLite












3. Tekan Next..











4. Browse letak CD Instalasi Windows XP (yang terdapat folder i386 didalamnya). OK













Buat folder untuk menyimpan hasil konfigurasi contoh "c:\temp"










5. Browse folder yang telah dibuat. OK.. tunggu proses Copy sampai selesai















Proses Copy..
















6. Copy selesai.. Next..
















7. Presets. Next...

















8. Task Selection. Pilih Drivers dan Bootable ISO. Next...














9. Insert. Single driver... Browse cari file "iaAHCI.inf" dari folder hasil ekstrak file "f6flpy32_85.zip" yang telah di download sebelumnya.
















10. Hati-hati saat option ini muncul, pilih "ICH9M-E/M SATA AHCI Controller"... OK.. Next..
















11. Yes...
















12. Next..

















13. Pilih Make ISO.. Browse Folder dan Save.... untuk membuat file ISO yang nantinya di Burn ke CD menggunakan Nero Burning dan program sejenis lainnya.
Next untuk Selesai..
Selesai proses ini, baru anda bisa mengistal Windows XP di Notebook Presario CQ40-108TU, masalah muncul lagi saat menginstal driver untuk soundcarnya. Driver yang anda butuhkan klik di sini , download agar soundcardnya berfungsi baik.

Selamat mencoba..



57 comments:

  1. wah info yang bagus, sebarluasin ah ke temen-temen

    tengkyu ya mas infonya

    ReplyDelete
  2. pas banget gw juga install XP di 324TU yang gw beli, ech kmrn blue screen...

    thanks (re)post-nya!

    ReplyDelete
  3. thanks a lot mas, dah empat hari pusing ketemu BOSD terus

    ReplyDelete
  4. mas itu bisa di pake buat v3908TU g y??

    ReplyDelete
  5. Ada yang bilang, cara paling mudah adalah men-disable fitur AHCI atau SATA di BIOS. Saya pake CQ20, tapi gak utak-atik sih...cuma make vista build-in buat ngetik, lainnya? reboot ke Linux BlankOn Nanggar :D

    ReplyDelete
  6. Makasih byk mas.. wah tertolong deh.. udah pening mau tak apain lg.. pdhl udah pede bgt bilang sm penjualnya kalo bisa install sendiri...

    ReplyDelete
  7. makasih banget ya, ternyata masih ada orang2 baik kyak Mas n Mas Fredy, semoga Tuhan mambalas dengan yang lebih baik, sy sampek putus asa e dg Compaq ni, pdhl sys ngefans banget ma Compaq

    ReplyDelete
  8. sekalian nih mas, sys mo tny lagi, kalau mo nyimpan halam sprti halaman yang mas punya ni n bisa dibuka di rumah plus gambar2nya gmn caranya, sy sering simpan halaman sprt ni, tp nyampek rmh, gambar2nya hny kotak2, gk muncul, mksh ya...

    ReplyDelete
  9. Alow semuaa!!! ^_^
    @guru, wahidhasan, sutto, seseorang, masoglek: ya senang bisa bermanfaat, wah buat nyimpan halaman ya tinggal file- save page as trus pastikan tipenya web page (completed). Trus pas dicopy pastikan folder gambar2nya ikut dicopy..
    @anonym: bisa juga dengan mendisable AHCI di BIOS, tapi di tipe2 yang baru opsi disable AHCI itu dihilangin sama Compaqnya.. kenapa ya?? apa ada konspirasi dengan Microsoft supaya Vista laris?? hehehe
    @kaka: coba aja.. kemungkinan besar bisa

    ReplyDelete
  10. sy sdh menjalankan semua spt yang dituliskan, setelah winlite booting, persis spt XP, tetapi ttp tidak menemukan HDD, blue screen lg, laptop sy compaq presario cq40, amd turion x2, HDD 250G, tlng ya, gmn caranya laptop sy bis di XP

    ReplyDelete
  11. Mas..mau tanya berarti install Net framework & install nLite.Saat laptop sudah terinstall OS ya..

    ReplyDelete
  12. @guru: berarti winlitenya belum sukses masuk tuh pak.. coba lagi ^_^
    @anonym: bukan gitu.. install net fw dan nlitenya dikomputer lain.. nanti cd hasilnya baru dicobakan dilaptop

    ReplyDelete
  13. tenkyu bget mas, ntar maw dicoba bwt nginstal compaq 510 saya yg juga BSOD

    ReplyDelete
  14. @guru:
    Yang bermasalah adalah driver ahcinya. Sampeyan pake turion ya gak nyambung, wong ini cipsetnya punya intel :D
    Cari driver ahci buat AMD keknya buat xp yg x86..
    Moga sukses, -sanji-

    ReplyDelete
  15. mas say pakai satellite l310, permasalahan nya juga sama kaya gituh, apa cara ini bisa di pakai?

    ReplyDelete
  16. Dicoba saja mbak tian, kalo BSOD-nya bukan karena masalah lain seperti kerusakan hardware, seharusnya bisa bekerja. Menurut seorang rekan, CD image WindowsXP yang support AHCI bahkan sudah tersedia di beberapa situs.

    ReplyDelete
  17. Makasih Mas atas infonya...berguna bangeet

    ReplyDelete
  18. install XP SP1/2 di compaq 510, saya pke cara simpel aja...cuma men-disable fitur SATA di biosnya....beres dech smuanya...heheheheh

    ReplyDelete
  19. masalahnya pd beberapa leptop baru, tidak ada pilihan untuk mendisable SATA di bios ..

    ReplyDelete
  20. hehehehe,,,,,makasih ya mas atas saran N msukannya,,,,rupanya td blum selesai harus direstart lg ya,,,,,bukan kita yg restart tp otomatis.....hahhahaha,,,,,se 1 X makasihya,,,,sarannya,,

    ReplyDelete
  21. mas mau nanya nih mas saya nginstal laptop yg pertama sukses tetapi sya coba lg dilaptop Deel Vostro 1200 dan telah mngikuti petunjuk yg mas anjurkan tetep saya gx bisa masih gx terditeksi hdd nya napa ya mas

    ReplyDelete
  22. mo nanya, presario CQ40 udah terlanjur saya format jd sekarang tanpa OS..trus kl mo instal .net framework, nLite ma ICH9 sata driver gmn ya? tolong dbalas..thanx..(not_avaolable_1st@yahoo.com)

    ReplyDelete
  23. terima kasih...
    atas tutorialnya...

    ReplyDelete
  24. qoq saya gagal yah ..
    udah ngikutin sama persis, cuma si cd nya ga mau ngebooting ..
    tolong infonya kirim ke xxxbankzz@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  25. infonya cukup membantu permasalahan saya adalah :
    notebook saya benq u101
    ceritanya begini :
    waktu awal beli note book bawaan OS xp
    namun kemarin2 karna sering eror jadi terpaksa harus instal OS lg instalasi berjalan lancar n windows pun berjalan normal, namun setelah 2 hari berjalan, setelah instal bluetooth n restart layar langsung bluescreen, sempet panik n coba lewat safe mode, dll ga bisa tetep blue screen so mw ga mw saya instal lg OS XP namun saat ditengah jalan langsung muncul blue screen lagi, saya coba lagi dari awal tetap saja sama, saya oba ganti CD Os nya namun tetap saja sama... jd makin panik n bingung neh.... mana kerjaan skripsi blon beres lg... please...bantu klo ada yang mengerti... thanks guys....

    ReplyDelete
  26. wah pantesan bsod terus pas mo instal nih laptop, ternyata gitu toh, repot banget kalo pake xp
    udah deh mendingan ane instal pake vista aja dah :D
    thanks dude nice share

    ReplyDelete
  27. mas sudah saya praktekan di atas tapi setelah dicoba install pada saat license agreement tombol F8 nya kok tetep gak bisa (laptop diem aja)pdahal laptop masih baru lo? gmn solusinya..?

    ReplyDelete
  28. Thanks,, gan bermanfaat neh tutorial nya,,,!!

    ReplyDelete
  29. file nya besar.. lebih dari 4gb.. mcm mna mau burn ke dvd..

    ReplyDelete
  30. Anonymous said...

    file nya besar.. lebih dari 4gb.. mcm mna mau burn ke dvd..

    email aswan_yusof@yahoo.com

    ReplyDelete
  31. Mas dedy, tks, .. dah berhasil n jalan, tp to sound tetep ga mau, dah ak coba pake driver versi 5.10.6268.0; 6.10.6268.0 , ak lupa spek ku compaq 420
    1x lg tks, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  32. thanks mas, ni artikel ngebantuin bnget!!!

    ReplyDelete
  33. mau tanya..bagaimana mengatasi masalah bluescreen saat installasi booting windows berjalan di laptop toshiba Satellite L20 ?? apakah akan sama saja atau ada jalan yg lain ?? mohon pencerahannya...Tank's

    ReplyDelete
  34. Mantap gan..
    Sudah capek kliling2 , eh ternyata ada dsini..heheh, Thanks ya gan

    ReplyDelete
  35. sama gan, di compaq presario cq42 279tu juga gbsa diinstal xp, mungkin make cara ini bisa,.,.

    ReplyDelete
  36. BUAT YG SERI CQ42 457TU BSA JG GAK PAKE CARA INI

    ReplyDelete
  37. udah 4 keping CD pembakaran dengan mengikuti langkah praktis ini dan selalu berhasil, tetapi pas penginstalan kenapa hasilnya tetap blue scren. help...
    blognya sangat sangat berguna

    ReplyDelete
  38. GWE DAH COBA PKE CARA NI,,,ALHASIL 10000% BERHASIL.
    LEPI GWE COMPAQ CQ42 457TU
    UNTUK LEPI VERSI NI BTUH TAMBAHAN AHCI DRIVER SELAIN DRIVER DIATAS,,,NEH DRIVER TAMBAHANNYA (AHCI, AHCI_X32, f6flpy32, DAN SATA INTEL DRIVER VERSI 7.0)
    KALIAN TINGGAL CARI FILE TRSBUT DI GOOGLE,,,,KLO UD DPT TUH FILE LNGSUNG INTEGRASIKAN PKE NLITE SPTI CRA DIATAS
    KLO KALIAN BINGUNG N G TAU NMA DRIVER AHCINYA,MNDINGAN KALIAN PILIH SMW DGN CARA CTRL+A LALU OK....LNJUTKAN DENGAN MENGINTEGRASIKAN DRIVER SATA YG LAINNYA, CARA SAMA DGN YG DIATAS.

    UNTUK MENGHINDARI KESALAHAN DALAM MELAKUKAN BURNING,,MENDINGAN PKE CD RW DARI PADA CD R...JADI KALO SALAH N TTP BLUE SCREEN KN TINGGAL DI ERASE TU ISI KASET HA.....

    ReplyDelete
  39. Maksudnya Langkah ke 4 itu suruh cari yang File dengan nama apa?? saya bingung?
    atau masuk di Folder I386 terus masuk folder apa lagi??

    ReplyDelete
  40. jawaban Dari Komentar Anonymous Terakhir:
    Itu Pass dengan Seri Laptopku.... tapi karna aku masih newbie di Tekhnologi jadi klo' g usah pakai Driver tambahan apakah bisa??

    + langkah: 13. Pilih Make ISO.. Browse Folder dan Save.... untuk membuat file ISO yang nantinya di Burn ke CD menggunakan Nero Burning dan program sejenis lainnya. saya tidak memiliki Nero apakah ada Software selain Nero??

    ReplyDelete
  41. Saya mo tanya apakah mEnginstall OS Windows XP Servis Pack 3, Jika di Install Blue Scree?
    Jika Tidak saya akan Membeli itu. tapi mohon Menjawab pertanyaan ini Terakhir saja. coba Jawab Pertanyaan saya Yang Diatas.

    ReplyDelete
  42. gni ja deh,,,drpd bngung mndingan loe copas isi kaset instalasi windows xp ke hardisk (jgn lupa buat folder n copas k dalam folder tsb)....
    untuk seri CQ42 457TU harus pke driver tmbahan tu,,klo g pke ttp blue screen (g pcya coba ja)...
    untuk langkah ke 13 tu g prlu nero atau software burning lainnya,,loe lngsung ja pilih bakar langsung (direct burn) lalu make iso...
    NB: KLO BLM JELAS BISA HUB GWE D FACEBOOK (Deni Mau Tobat) ato lngsung sms k hp gwe d no 085746355888

    ReplyDelete
  43. itu Driver Tambahannya di Download semua (yg disebutin kamu)??

    ReplyDelete
  44. ya...
    ni drivernya ud q upload (k 4 drivernya ud da d dlmnya),,tnggal dwnload ja trus d extract pke winrar...
    stleh tu buka nlitenya trus integrasikan smw drivernya yg ud d extract td,,gmn ud ngerti blom???klo ud ngerti jgn lupa ksh kobokannya hahaha....

    http://www.ziddu.com/download/17805887/SATAAHCIDRIVER.rar.html

    ReplyDelete
  45. lnjutan koment ygn d atas....

    hbs d extract pke winrar buka folder hasil extractkannya,,trus ada kn file brbentuk rar dan sfx..nah tu pilih file yang brbntuk rar ja,trus d extraxt lg smpk mncul folder baru..klo g d extraxt,,g kn kebaca oleh nlitenya (cz nlite baca driver yang ada di dalam sebuah folder)

    ReplyDelete
  46. wow,,, makasih tuh buat yg diatas,,,

    ReplyDelete
  47. kalo untuk HP 430 bisa gak ya pake cara ini

    ReplyDelete
  48. kalo buat cq42-401au masih g mau kenapa ya??

    ReplyDelete
  49. thx bgt buat yg ngasih tw cq42 457tu

    ReplyDelete
  50. CQ42 457TU berhasil diinstal dengan XP.. thx

    ReplyDelete
  51. ak ada laptop CQ42 457TU.tp stelah aku install xp tetep bluescreen.boleh kasih tahu dong driver tambahannya untuk CQ42 457TU.makasih

    ReplyDelete
  52. waktu browse CD instalasi yang diklik folder i386-nya?

    ReplyDelete
  53. masih bingung menggunakan a. Microsoft .NET Framework Version 2.0
    b. nLite c. ICH9 sata driver,,,, bisa lebih diperjelas lg ngak cara menginstalnya di CD....

    ReplyDelete
  54. masih error juga kenapa ya??? masih blue screen

    ReplyDelete
  55. Mending Upload OS XP nya aja kami yang Sedot :v
    ^^

    ReplyDelete