Cari

Thursday, March 12, 2009

Masalah-masalah monitor dan drivernya...

Sebel

Sudah berkali-kali beberapa pasien dengan platform OS windows XP masuk ruang operasi dan secara co-incidental mengalami symptom yang hampir2 sama. 

Symptom #1 :

Tiba-tiba display monitor jadi 'out of sync'. Biasanya itu artinya windows vga driver menyuruh monitor untuk menampilkan layar yang diluar kemampuan resolusinya. 

Symptom 2 :

Setelah logo Windows XP muncul dan akan masuk windows.. langsung blank hitam. Gak ada apa-apa, even cursor mousenya aja ga ada.



Buat Symptom #1 :

Kebanyakan layar monitor di Indonesia saat ini memiliki kemampuan tampilan sebagai berikut :
640x480,800x600 dengan refresh rate upto 85Hertz
1024x768 dengan refresh rate hanya 60Hertz saja.

(data tersebut di luar monitor yang model wide dan monitor2 tertentu yang bisa sampai 1280x1024).

Refresh rate 60Hz artinya setiap detik layar monitor diupdate gambarnya sebanyak 60kali. Pernah gak pembaca menyadari?

Nah, saya juga kurang tau kenapa kok symptom ini sering terjadi, ya itu tadi, vga driver di windows diset melebihi kemampuan layar monitor. Misal 1024 x 768 dengan refresh rate 75Hz. Kecurigaan sih, karena (lagi-lagi) payload dari virus.

Untuk mengatasi, kita harus masuk safe mode. Caranya restart komputer, lalu pencet2 itu tombol F8 sebelum masuk gambar logo windows dengan indikator progress yang jalan itu. Kalo gambarnya udah muncul, berarti anda kurang cepet, restart lagi. Kalo berhasil nanti muncul menu Anda mau booting dengan Normal atau Safe mode dengan beberapa menu laen yang gak penting. Pilih aja Safe Mode dengan panah keyboard dan tekan Enter.

Kalau Anda beruntung bisa masuk safe mode tekan OK, kalau tidak berarti ada gangguan pada sistem kita karena virus, hardware bermasalah, atau sebab lain.

Nah setelah masuk di safe mode, langsung tekan menu Start dan Run. Ketik regedit dan tekan Enter. Kalo sudah masuk, cari Key : HKEY_CURRENT_CONFIG, trus System, CurrentControlSet, Control, VIDEO. Nah kadang dibawahnya lagi ada lebih dari satu subkey.. cari aja sampe nanti di panel kanan ada beberapa nilai Hexadecimal yang salah satunya bernama DefaultSettings.VRefresh. Kalo udah ketemu, dobel klik trus klik pilihan Decimal, nah Value Datanya liat deh.. kadang 75 atau 85. Ganti aja dengan 60. Kalau sudah tekan OK trus restart komputer sambil berdoa semoga berhasil.

Buat Symptom #2

Ni ada cara yang saya lakuin kemaren. Bisa berhasil bisa nggak, tergantung kita senasib apa nggak. Intinya menginstall kembali driver VGAnya.

Sekali lagi masuk safe mode seperti di atas. Kalo gak bisa safe mode, mending install ulang aja daripada pusing. Trus kalo sudah masuk, buka device manager dengan cara pake Start, trus Run.. ketik devmgmt.msc trus tekan OK. Cari Display adapters, trus di expand, dibawahnya akan ada nama drivernya VGAnya, nah klik kanan nama driver tersebut lalu pilih Uninstall. Ikutin proses Uninstal tersebut. Kalo sudah, restart windows secara normal dan kalo berhasil kirimin saya Sate Kambing dengan kuah Sop ya.

3 comments:

  1. hueheuhue skrg orientasi blog komputer kah

    ReplyDelete
  2. thank banget saya jantung nya kurang bagus alias deg degan dapat kabar gini saya jantung jadi sehat ...semoga kita selalu nambah ilmu karena saling berbagi dan ilmu sampeyan tdk akan pernah berkurang karena saya """"shukran''''''

    ReplyDelete