Cari

Thursday, May 8, 2008

Masalah Virus dan Sistem Kerja Kantor


Di kantor kami ada suatu masalah. Di sini orang-orangnya senang bekerja dengan folder sharing windows. Misal, si A kerja di komputer X dimana file yang diedit berasal dari komputer Y. Ya, mereka cukup nyaman dengan hal itu. Anda jangan pikir komputer-komputer tersebut berada dalam satu ruang. Jarak antar komputer itu saja sudah melewati 5 switch-hub. Pokoknya semrawut. Mana hub yang ada juga unmanageable lagi. Folder sharing yang dipakai pun ya dengan model simple-file-sharing gitu. Emang sih ada beberapa yang dipassword, tapi kalo trus remember passwordnya diaktifin kan sama aja!

Menggunakan anti virus jg gak nyelesain masalah. Karena masih pake anti virus luar yang free edition (AVGFree dan Antivir Classic) maka setiap ada serangan virus ke satu komputer, antivirusnya hanya akan muncul "merusuhi" user dan memaksa user untuk menekan tombol "Heal", atau "Repair" atau tombol lainnya tanpa bisa diotomatisasi untuk melakukan action tertentu. Dengan keadaan ini, user lebih tertarik untuk menonaktifkan real time protection si antivirus. Saya baca-baca di website anti virusnya sih, katanya fasilitas otomatis heal/clean bisa dilakukan apabila kita menggunakan versi komersilnya.. hehe canggih juga.

So, yang ingin dan harus saya lakukan adalah membuat proposal pembelian anti virus komersil ke manajemen. Ada yang bisa rekomendasi anti virus apa yang baik digunakan di jaringan dengan radius 300 meter, unmanageable (p2p), dan windows based ?

Saya bermimpi suatu anti virus yang bisa memfirewall workstation (bisa menolak kiriman file virus), memiliki sentral manajemen (untuk monitoring dan updating), enteng dan memiliki support bagus.

Okeh... mari mulai shopping :)

No comments:

Post a Comment