Cari

Wednesday, October 22, 2008

Mematikan Autoplay USB-Flashdisk/CD

Wah sudah lama gak membahas tentang per-virusan. Tapi karena banyaknya permintaan khalayak (halah!) coba kita diskusi kecil-kecilan mengenai pencegahan serangan virus dari removable drive (Flashdisk, MMC, CD, dsb).

Removable drive memang sudah menjadi sumber penularan virus-virus komputer terpopuler di Indonesia (yah you knowlah, secara bangsa kita belum sepenuhnya bersosialisasi dengan networking environment dan Internet masih menjadi barang mahal). Anda mungkin sudah berusaha menginstall anti virus terbaru, tercanggih, termahal (WOW.. 3000rupiah? *wink*)... tapi tetap saja setiap hari ada ribuan virus diciptakan oleh BADGUYS. Bagi para admin (baca: teknisi komputer kantor), mungkin Anda sudah berpeluh-peluh (AC-nya mati ya mas?) untuk menghilangkan virus komputer, mengembalikan environment windows back to normal, membuat aksi penyelamatan data yang heroik dan sebagainya... tapi hasil karya Anda itu mungkin akan hilang sudah ketika 1-2 hari kemudian user komputer tersebut mencolokkan ush-flashdisk berisi virus dan mulai menelpon ruang Anda lagi, seraya 'memohon-mohon' supaya segera datang karena gak bisa bekerja. Cape Deeh!

Oleh karena itu, mungkin yang dapat kita lakukan adalah mematikan fasilitas autorun dari removable drive. Bagi yang belum tau, autorun atau autoplay adalah fasilitas windows yang secara otomatis akan menjalankan file script bernama autorun.inf di flashdisk/CD anda. Nah, biasanya file autorun itulah yang disisipi perintah untuk menjalankan file virus yang sebenarnya. Hapus aja file autorun itu? Kan beres? .. Ya sementara beres, tapi virus yang akan disebarkan lewat flashdisk akan membuat lagi file autorun itu.

Oke dari hasil telusur Internet ada 3 cara yang dapat dilakukan untuk mematikan autorun windows... (kebetulan yang saya gunakan windows XP). Dari mulai yang tergampang sampai yang 'hardcore' urutannya sebagai berikut :

1. Menggunakan software tweakUI

2. Menggunakan group policy editor

3. Mengedit langsung registry menggunakan regedit.

Menggunakan software TweakUI mungkin merupakan cara paling mudah dan user-friendly, tapi tidak paling 'murah'. Software tersebut harus di instal dulu ke komputer kita, karena tidak tersedia dalam CD master windows. Sementara, mengedit langsung ke registry tidak direkomendasikan untuk awam karena tidak 'user-friendly' dan dapat membahayakan sistem. So, cara kedua lah yang kita mau bahas di sini..

Cara ini sebenarnya cukup gampang kok. Klik start lalu Run lalu ketik gpedit.msc lalu tekan Enter atau OK.


Di jendela Group Policy tersebut, carilah Computer Configuration, lalu masuk ke Administrative Templates, dan dilanjutkan ke System. Nanti di jendela sebelah kanan cari setting yang berjudul Turn off Autoplay.


Dobel klik setting tersebut, lalu pilih Enabled. Pada opsi "Turn off Autoplay on: ", pilih All drives.


Setelah beres tekan OK.
That's It! Selamat mencoba mudah-mudahan berhasil ^_^

24 comments:

  1. thank
    udah dicoba mas...

    ReplyDelete
  2. sama2 mas eo, thanks for coming ya ^_^

    ReplyDelete
  3. ded, gimana caranya kok pas diketik gpedit.msc, windows can not find...halah gimana ini

    ReplyDelete
  4. @ducky dina: lho pake windows XP bukan?

    ReplyDelete
  5. wah enak pake regedit

    ReplyDelete
  6. Atin, makasih tutorialnya ini. Maklum gak gitu paham soal windows huhuhuhuhu. Barang mahal...

    ReplyDelete
  7. @Chik0: nyindir ya? hahahaha ya doakan aku cepat tobat

    ReplyDelete
  8. Gak nyindir kok Atin, aku emang kurang nguasain windows, awalnya kalo dulu karena windows selalu butuh komputer yang spesifikasi tinggi, akhirnya tetep di UNIX family. Cuma kadang ada aja temen yang kena virus dan seminggu hampir 3 kali biarpun udah dibersihin kena lagi gara2 flashdisknya tetep autorun itu. Aku gak ngerti caranya matiin autorun flashdisk.

    ReplyDelete
  9. @chik0: iya, aku aja yg jd merasa tersindir hehe, istilah "Barang mahal" mu itu lho.. ahh tobaat, rusak-rusak..

    ReplyDelete
  10. thks mas ats infonya...


    muantep banget dah

    ReplyDelete
  11. makasih banyak atas ilmunyaa........ ^_^

    ReplyDelete
  12. Win HOme Edition KOk tettap Auto play..
    aq udah nyoba auto play tetap jalan gimana solusai yg lainnnya

    ReplyDelete
  13. makasih banyak, kebetulan lagi nyari tips ini, hatur nuhun

    ReplyDelete
  14. thx bro...sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  15. makasih ya mas..cendol meluncur..:D

    ReplyDelete
  16. sorry numpang nanya....
    ada yg tahu cara nge basmi virus Sality F ama Sality G gk????
    Trus pake anti virus apaan??

    ReplyDelete
  17. kok not find ya katanya setelah ngetik gpedit.msc di run?
    aq pake XP home edition padahal

    ReplyDelete
  18. MANTAP MAS.... KEREN DEH,,,
    MAEN YA SEMUA, BNYAK INFO ASIK LHO
    http://www.mrobieobie.blogspot.com

    ReplyDelete