Cari

Monday, September 28, 2009

Memberi Password untuk Administrator pada Windows, Langkah Sederhana yang Penting!


Pada sistem Windows (terutama XP), seringkali orang tidak memberi password pada user Administratornya. Hal ini dikarenakan pada instalasi Windows XP, pemberian password Administrator BISA dilewati (NEXT saja).

Kelemahan ini bener2 dimanfaatkan oleh orang iseng (baca: pembuat virus, worm dan benda-benda terkutuk lainnya), untuk mengeksploitasi Windows kita terutama melalui jaringan (Admin Share).



Celakanya, jika kemudian orang yang menginstal Windows tersebut menambahkan userprofile (dan ini biasanya kasus yang sering terjadi), maka user Administrator tidak akan dimunculkan pada pilihan User Profile yang ada (jika menggunakan welcome screen). Bahkan jika hanya ada satu user yang ditambahkan dan tanpa password, maka Windows XP akan langsung masuk (LogOn) ke Desktop.. Artinya pengguna digiring untuk tidak perlu tahu bahwa ada sesuatu yang bernama userprofile.

Lalu bagaimana mengatasinya? Ya salah satu caranya adalah dengan memberi password pada user Administrator kita. Ok, tapi kan user Administrator saya tidak nampak? Gampang, masuk saja ke safe mode, nanti kita dapat melihat user Administrator tersebut pada Control Panel - User Account. Setelah itu tinggal ganti saja passwordnya dengan password yang sulit ditebak orang lain. Ingat SULIT DITEBAK lho ya.. karena beberapa pembuat virus menggunakan kamus kata-kata yang sering digunakan oleh orang yang malas membuat password yang sulit.

Untuk mengeset password Administrator sebenernya ada juga sih cara lainnya. Coba klik di sini. Mana yang lebih simpel? terserah Anda saja yang menilai hehehe..

Hmm.. benar-benar sederhana yang sering kita lupakan ya?

No comments:

Post a Comment