Kemplang Pedes

Monday, September 28, 2009

Conficker, Pembuat Rewel Jaringan dan Komputer


Nama virus Conficker/Downadup/Kido mungkin telah lama dikenal oleh para pembaca. Tapi efek dari virus ini tetap terasa sampai sekarang. Ya, virus/worm jahanam ini menggunakan teknik2 yang cukup berbeda dari virus-virus lain yang bertebaran di jagad negara kita ini. Dalam lingkungan komputer berbasis jaringan windows, virus ini semakin menggila apabila workstation belum diperlengkapi patch-patch yang dikeluarkan Microsoft. Ya, virus ini bisa menginfeksi lewat port-port tertentu (disamping (default admin share), jadi tidak hanya lewat folder share biasa.

Folder share tidak bisa dibuka, tidak bisa update anti virus (DNS record ke website anti virus diblock oleh virusnya), printer sharing bermasalah, jaringan sering putus adalah masalah yang sering dihadapi korban, disamping efek umum lain seperti kinerja komputer lambat dan lain-lain.

Berikut beberapa langkah untuk menjaga/membersihkan sistem komputer Anda dari Conficker :


  1. Siapkan remover Conficker klik di sini dan patch Windows terkait Conficker klik di sini .
  2. Bila memiliki Anti virus, sebisa mungkin update lah anti virus Anda,Kemudian scanlah seluruh sistem.
  3. Setelah siap, jika Anda terhubung dengan jaringan, lepaskan saja kabel jaringannya sementara. Pokoknya putuskan hubungan dengan jaringan.
  4. Matikan sistem restore. Klik Start Menu - Programs - Accesories - System Tools - System Restore - Klik System Restore Setting - Centang/Klik Turn Off System Restore on all drives, lalu klik tombol OK. Lebih jelas Anda bisa juga melihat caranya pada link ini.
  5. Scan dan lumpuhkan Conficker dengan tool remover conficker.
  6. Setelah selesai, jalankan patch windows yang berkaitan dengan Conficker tersebut. Patch ini bertugas menutup lubang-lubang port jaringan yang dieksploitasi virus Conficker tersebut.
  7. Selesai, restart komputer. Masuk ke Safe Mode kemudian cek dan set password Administrator komputer kita.
  8. Matikan autoplay/autorun pada komputer kita.
  9. Agar lebih aman sebaiknya kita mengaplikasikan juga Deepfreeze pada komputer.
  10. Berdoalah. ^_^

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]



<< Home