Cari

Tuesday, January 27, 2009

Kemerdekaan Indonesia Tahun 05 di Uang 100ribu

Iseng-iseng sambil tidur-tidur ayam , siang itu saya meneliti lembaran uang kertas pecahan 100 ribu satu-satunya di dompet. Sambil mbayangin kalo duitnya jadi berlipat-lipat sampe bertril-tril mengalahkan hartanya orang-orang Cendana. "Wah pasti desaku akan kubangun, jalan-jalan becek dikeraskan, akan kubuat Ruang Terbuka Hijau (bukan sawah!) buat para keluarga kongkow-kongkow mempererat persaudaraan, kubuat papan koran di masjid supaya warga gak ketinggalan informasi, kubuat juga BLK hampir gratis untuk pemuda yang mengajarkan komputer internet, bahasa inggris dan keterampilan-keterampilan lainnya, lalu membangun kandang sapi+kambing bersama supaya tingkat kesehatan dan kebersihan kampung meningkat dan tingkat bau menurun (hehehe)".

Ditengah melamun itu, sebersit ekor mata saya menangkap ada yang salah kayaknya dengan uang ini. Ya, uang 100rb yang berisi teks proklamasi ini tampak wajar, tapi pada bagian akhir teks yang diketik Mr. Sajuti Melik ini tertulis, "Djakarta, Hari 17 boelan 8 tahoen 05"!

Loh, kok bissaa??? Masak kita merdeka tahun 05? Maksudnya 2005? atau 1905? Huh, apakah ini salah cetak ? Atau Sajuti salah ketik ?

Sekejap saya agak ge-er membayangkan saya jadi penemu kesalahan cetak di pecahan 100ribu. Nama saya masuk koran-koran, lalu akhirnya banyak produser datang untuk menawarkan ini-itu job dan tril-tril tadi datang ke kocek saya. Huehehehe..

Saya mencoba keluar dari dalam kolam impian ngawur saya (mimpi emang enak). Ah, pasti ada penjelasan dari hal ini, pikir saya. Sayapun kemudian bertanya pada Mbah "Si Segala Tahu" Google. Dari sana beliaupun menyarankan saya untuk meramban ke suatu laman yang menjelaskan bahwa teks proklamasi itu menggunakan tahun dalam penanggalan Jepang kuno yaitu dari Jaman Meiji. Yah, maklumlah kita punya sejarah kelam dijajah Jepang. Mungkin kalau dijajah Inggris nasibnya akan lebih baik seperti negara-negara commonwealth ex colony.

Penanggalan Tuan Meiji ini mempunyai tahun lebih cepat 660 tahun. Jadi kalau kita merdeka tahun 1945 maka bila ditambah 660 menjadi 2605. Jadi itu dia maksudnya 05 yang artinya kependekan dari 2605. Yah, gak jadi masuk koran deh... ^_^

8 comments:

  1. syukurlah dirimu ndak meng klaim xixixiixixixixix

    ReplyDelete
  2. wah... oentoeng sadar doeloean... :D

    ReplyDelete
  3. Set dah... Darimana aja Ded? :D

    ReplyDelete
  4. @Cebong,kriwil: jenenge wae ngimpi, begitu indah..

    @bootdir: asik ngimpi *tanda-tanda orang jenuh*

    ReplyDelete
  5. buseet rajin ngayal nih dedi.....wakakakaka

    ReplyDelete
  6. oalah ded... makanya baca sejarah toh... kalau gak salah. di buku sejarah smp/sma ada kok hehe..

    ReplyDelete
  7. sedikit nyeleneh nih !!
    yang dmaksud 05' memang benar thn 2005, tapi menurut penanggalan jepang, karena saat itu kita di jajah japang.
    djadi kalimat itu memang benar adanya!
    seperti yang tertulis dalam teks proklamasi yang di tandatangani oleh Soekarno-Hatta.

    semoga kita lebih banyak mengenal sejarah bangsa ini yang semakin pudar dar dar...

    ReplyDelete