Cari

Thursday, November 20, 2008

Chrome..Save Password-ku Donk!



Pernah coba Google Chrome? kalo belum donlod di sini. Produk browser dari Google (ya iyalah masa ya iya dong namanya aja Google Chrome, bukan Microsoft Chrome) ini, memiliki berbagai keunggulan dari sisi speed, simplisitas, fungsionalitas, comfortabilitas dan tas-tas lainnya.

Dengan segala keunggulannya itu, sebagai contoh Chrome akan menawarkan untuk mengingat password yang Anda masukkan apabila Anda sukses log in ke suatu website. Dengan demikian, ketika suatu saat Anda akan mencoba log in kembali ke Chrome, anda tidak perlu memasukkan password, langsung klik tombol 'LOGIN' atau 'OK' saja dan login-lah Anda. Kemudahan ini dapat diterapkan apabila komputer yang Anda gunakan adalah komputer pribadi Anda. Jangan menggunakan komputer umum seperti di kantor atau di warnet tentunya.. ati-ati ya.

Di posting ini saya ndak mau cerita bagaimana caranya menghapus password yang tersimpan secara sengaja atau tidak sengaja, karena fasilitas-fasilitas tersebut sudah tersedia. Justru yang menarik didiskusikan adalah bagaimana caranya kita membuat Chrome menawarkan kembali untuk Save password kita. Bingung? Jadi gini lho.. kalo sebelumnya kita menolak untuk Save Password maka tidak akan lagi si Chrome mau menawarkan untuk menyimpan password kita untuk website itu. Nah terus gimana dong supaya dia mau menyimpan lagi password kita di website itu?



Fasilitas ini memang secara standar belum disediakan Google Chrome. Chrome menyimpan beberapa data konfigurasinya di suatu file database kecil berstruktur SQLite. Oleh karena itu cara paling gampang adalah dengan cara menguninstall Chrome atau Windows kita bila perlu (hehehe) atau cara yang lebih sabar... karena untuk mengubah setting ini butuh sedikit utak-atik.

Untuk membuat Google Chrome menawarkan kembali fasilitas penyimpanan password untuk suatu situsnya, kita harus mendownload SQLite Command Line. Jadi download dulu di sini SQLitenya. Kalo koneksi Anda tidak bermasalah, seharusnya bisa di download dengan cepat karena file tersebut berukuran mini.

Sudah selesai? Next..

Matikan semua Google Chrome yang sedang berjalan. Kemudian file yang SQLite yang terkompresi tersebut ekstract dulu tersebut ke folder yang gampang-gampang saja, seperti ke C:\ atau D:\. Di sini saya asumsikan Anda ekstract ke C:\ yah.. (belum tau cara extract file zip? liat di sini atau sana).

Kalau sudah, masuk ke Start, Run, dan ketik CMD lalu tekan tombol enter untuk menjalankan Command Prompt. Kalo berhasil, maka akan nampak command prompt yang dimaksud dengan Anda berada di suatu folder seperti ini :

C:\Documents and Settings\mazDEDIguanteng>_

dimana mazDEDIguanteng merupakan nama profile/user Anda, jadi kalo nama usernya Dinda, maka akan jadi
C:\Documents and Settings\Dinda>_

Lanjut, ketik perintah berikut, kemudian tekan tombol enter :

CD "Local Settings\Application Data\Google\Chrome\User Data\Default"
kalo sukses maka promptnya akan menjadi kira-kira begini :
C:\Documents and Settings\mazDEDIguanteng\Local Settings\Application Data\Google\Chrome\User Data\Default>_
Nah sekarang jalankan SQLite nya dengan parameter nama databasenya yaitu "Web Data".

C:\SQLite3.exe "Web Data"
kemudian masukkan perintah berikut :
update logins set blacklisted_by_user=0;
kemudian tekan Enter. Lalu keluar dari SQLite:
.exit
Enter lagi.


Nah, sekarang coba lagi deh buka Chromenya, trus login ke website yang kita ingin Chrome simpan passwordnya tadi. Mudah-mudahan berhasil, sehingga posting ini tidak mengundang caci maki "udah dibaca panjang-panjang, gak bisa, huh!".. hehehehe. Amin.


2 comments:

  1. :) sempat seh saya pakai Google Crome tapi fiturnya masih minim dan kurang user friendly( soalnya masih coba-coba seh ):D,tapi tetap OK seh siapa dulu vondernya he..he...

    ReplyDelete
  2. mohon pencerahan, begitu nyalain sqlite nya, kenapa jadi ada 2 box hitam? terpisah dari yang pertama

    ReplyDelete