Cari

Thursday, August 14, 2008

Pengguna SQL-Server, Liat tempdb-mu!

Buat pengguna SQL-Server, khususnya admin/programer, cek file C:\Program Files\Microsoft SQL Server\MSSQL\Data\tempdb.mdf (atau folder default dimana data default SQL-Server diletakkan). File tempdb.mdf adalah file temporari dari sistem SQL-Server apabila server mendapat query yang melibatkan data yang kompleks. Yah semacam swap file gitu deh, untuk mengoptimalkan proses. Sayangnya, file ini bisa membengkak besar sekali. Di kantor saya pernah mencapai 32GB!. Kadang bingung juga, padahal sistem dalam kondisi idle (tidak ada koneksi ke server), kok ni file tidak dimampatkan lagi oleh SQL Server.

Apabila hal ini terjadi cara mengatasinya cukup mudah, restart saja SQL-Servernya. Hopla! file pun kembali berukuran sekitar 8MB saja. Anda bisa melakukan cek secara berkala ke file ini, atau lebih gampangnya ya diberi scheduling untuk merestart server di jam-jam biasanya idle.
Pembaca ada tanggapan atau menemui kasus seperti ini ??

4 comments:

  1. Perlu dicari solusi yang lebih canggih daripada restart, Ded.
    Kalo ada perusahaan besar yang pake 24 jam gimana?

    Dulu waktu di RuangKerja pernah bermasalah dengan hal yang mirip, entah tempdb atau bukan. Tiba-tiba dilapori server punya client hang, setelah dicari ada file yang memenuhi harddisk. Ini terjadi setelah memakai 'transaction'. Lalu ketemu perintah untuk nge-flush log-nya. Perintah ini dijalankan secara berkala, jadi log dapat di-flush secara otomatis dan aman.
    Sayangnya aku lupa perintahnya dan source tidak ditanganku lagi.

    ReplyDelete
  2. mmhh.. setuju dgn mencari solusi yg lebih canggih.. tapi sesungguhnya tempdb itu bukan log lho.

    ReplyDelete
  3. ded, terima kasih infonya ya, akhirnya kejadian juga di server gw, dan langsung kulakukan instruksimu. Voila semua kembali baik-baik saja.
    terima kasih terima kasih terima kasih......
    informasi yang maha penting nih :D

    ReplyDelete
  4. *mengepalkan tinjunya ke atas, lalu menekuk siku dan menaik turunkannya berkali2 seraya berucap "yes-yes-yes"*

    akhirnya berguna juga blog gw ini

    *terharu*

    ReplyDelete