Cari

Tuesday, July 13, 2010

Syndrom Low Disk Space di C


catatan: Gambar di atas masalah terjadi pada drive E, tapi masalah yang dibahas dibawah ini tentang drive C.

Akibat dari low disk space di C (drive sistem windows) diantaranya fasilitas system restore gak jalan dan (ini yang paling parah) aplikasi-aplikasi berat sering bertingkah aneh seperti fontnya menebal dan akhirnya hang atau crash.

Untuk mengatasi :

1. Set Windows Explorer supaya file-file sistem yang di hidden bisa terlihat. Caranya klik di sini.
2. Cek folder dan file-file yg kurang penting. Kurangi file-file tersebut (seperti koleksi musik, atau master program) dengan cara dihapus atau kalau sayang, ya dipindah ke CD atau ke drive lain.
3. Matikan sistem restore (caranya klik di sini), buang/hapus file yang tersimpan oleh fasilitas system restore ini bila ada (pada folder System Volume Information). Untuk melihat isi system volume information klik di sini.
4. Set paging file (swap) ke drive lain. Caranya ada di sini.

Nah silahkan Anda coba aja satu-satu sambil terus melihat disk free space dari drive C di masing-masing langkah. Kalau sudah cukup Anda boleh stop langkahnya sampai di situ.

Semoga berhasil.

2 comments:

  1. barusan nemu virus, namanya winsta.exe, terletak di c:\windows\system32
    dia memakan semua free space yg ada, yang aku temuin berukuran 72 GB (yup, bukan MB)
    virus ini tergolong baru, banyak antivirus yg belum mendeteksinya. Rata-rata harddisk baru cukup besar, jika tiba-tiba kehabisan space bisa cek folder n file tsb.

    ReplyDelete
  2. wogh iya. kalo kena virus penyampah ya mau dikurangi berapapun akan tetap menjadi penuh juga. oleh karena itu, posting ini asumsinya sistem dalam kondisi bebas virus ya.. oce tenkyu om bud.

    ReplyDelete