Cari

Thursday, June 24, 2010

Excel yang Lambat Untuk Dokumen Tertentu (kasus di jaringan)

2 hari yang lalu, seorang pelanggan kami menelepon ke kantor. Ia mengeluhkan akan aplikasi Excelnya yang lambat. Mengedit 1 sel setelah di tekan enter memakan waktu 1/2 detik. Tapi lucunya, hanya dokumen-dokumen tertentu saja. Parahnya lagi, dokumen-dokumen yang lambat kinerjanya tersebut, bila dibawa ke komputer lain malah jadi baik-baik saja (tidak lambat). Sebagai pekerja di bagian akuntansi yang setiap hari berurusan dengan ratusan bahkan ribuan sel worksheet, walaupun pelanggan baik ini sudah berusaha bersabar, tapi jelas ini menjadi kendala yang menyebalkanbesar baginya.

Dengan kenyataan tersebut, pelanggan saya berkesimpulan yang bermasalah adalah software Excel yang terinstal dikomputernya. Sekali dua pelanggan yang baik ini menginstal ulang pake Ms Officenya, bahkan berganti-ganti versi. Tapi ternyata tetap tidak membantu.

Akhirnya jalan terakhir dia meminta bantuan kami untuk menginstal ulang sistem operasinya. Tak lama, saya segera meluncur ke TKP dengan membawa amunisi lengkap seorang teknisi komputer yaitu sebuah CDROM drive dan segepok CD Installer hehehe..

Tiba di TKP, saya mendapati bahwa sistem operasi komputer ini sebenarnya sungguh baik, sehat dan telah dipercantik dengan aplikasi themes styler. Hal ini tak lepas dari penggunanya yang baik dan telah mempraktekkan cara berkomputer yang sehat. Sungguh sayang bila hasil kerja ini diinstal ulang. Belum tentu juga saya bisa membuat environment sebaik ini, pikir saya.

Akhirnya ...

Dengan rajin-rajin mengamati gerak-gerik indikator traffic jaringan (kebetulan komputer terkoneksi ke jaringan), juga nguping pembicaraan pengguna jaringan lain yang merasa kadang kesulitan untuk mengambil data via folder sharing ke komputer server printer, saya jadi curiga dengan seleksi print area yang besar di dokumen tersebut dan tampilan view yang diset pagebreak view.

Saya coba ganti ke tampilan ke normal view lalu saya clear print areanya.

Bushh!! Langsung cepat. Weks.

Oke, problem solved, tapi apa penyebab aslinya?.. Saya curiga dengan pembicaraan pengguna jaringan lain tadi. Iseng-iseng, default printer saya ganti ke local printer, kemudian tampilan saya kembalikan lagi ke pagebreak dan seleksi print area yang besar saya kembalikan seperti semula. Wow, ternyata masalah juga hilang.

Kesimpulan: koneksi ke printer server yang bermasalah dapat mengakibatkan masalah lain pada kinerja Excel yang memiliki seleksi print area besar dan menggunakan pagebreak view. Sepertinya ini karena si Excel selalu meminta informasi paper dan setting-setting yang berkaitan dengan pencetakan ke printer server untuk disinkronkan dengan tampilannya. Solusi alternatifnya adalah :

a) Perbaiki masalah pada jaringan sampai ke printer servernya
b) Cari printer server lain yang tidak bermasalah atau pakai printer local saja.

Kalau cuma punya 1 printer server gimana? Ya, kita install saja driver printer server itu sebagai local printer di komputer kita, atau pakai default printer local. Ketika mau mencetak, barulah arahkan printer yang digunakan ke printer server tersebut.

Fewh, masalah yang kelihatannya sepele di siang cerah ini, ternyata selain memuaskan orang lain juga malah membawa pengalaman dan ilmu baru bagi kita. Inilah bagian menyenangkannya dari seorang teknisi! ^_^

22 comments:

  1. Setelah install printer hp d2666, proses excel menjadi lambat. bagaimana cara menjadikan default printer local setelah printer tersebut terinstall?

    ReplyDelete
  2. TerimaKasih Untuk Solusinya...Sangat Bermanfaat buat saya... :)

    ReplyDelete
  3. @ujicoba: buka Start-Settings-Printer and Faxes trus klik kanan di printer local, pilih Set as Default Printer

    @Anonym: senang bisa bermanfaat :)

    ReplyDelete
  4. Tahnks ya... bagus juga... berhasil..

    ReplyDelete
  5. Thankz yak Infonya...
    Berguna banget, kebetulan ada PC client punya masalah yg sama.
    Masalah terselesaikan, ilmu didapat.
    ;-)

    ReplyDelete
  6. oke mas gandyna, senang bisa membantu..

    ReplyDelete
  7. mas mau nanya dong, kenapa sheet saya gak bisa di jadikan 1 lembar (bila di print) malah jd 2 lmr yang nanggung di hal ke-2nya padahal di hal. ke-1 masih ada yang cukup buat hal. ke-2nya. saya dah pake pagebreak nah malah begitu. apa sebabnya dan solusinya, makasih.
    mohon bantuannya.

    ReplyDelete
  8. pagebreak? itu sih ms word ya..

    ReplyDelete
  9. iya ngetiknya lebih lancar, gak perlu nunggu loading. tapi klo insert cell, save, copy-paste, masih tetep lambat..
    gmn solusi nya??

    ReplyDelete
  10. makasih infonya, saya juga mengalami masalah yang sama. Saya juga baru sadar kalo kompi saya terhubung ke printer jaringan. Jadi sekarang sya buat pdf sebagai default printer sya dan memakai normal view, seperti sampeyan bilang excel saya menjadi Bushh!! Langsung cepat.

    ReplyDelete
  11. mz mw nx dong???ms excel ku brmasalah,,gne scra tiba" pada deretan sheet muncul chart bx bgeeet,,dan gk mw brnti,nah itu knp ya mz??gmana cra ngatasinnya???

    ReplyDelete
  12. infonya mantap bos.. berhasil saya cobain..
    akhirnya masalah saya terselesaikan..
    Terima kasih..

    ReplyDelete
  13. wah
    sepele, tapi bikin pusing.
    pantas dari kemarin kinerja excel lambat bener om.
    setelah setting printer kepada printer yg tidak bermasalah maka semua jadi beres urusan.
    welldone !
    [out of topik]
    komen di blog saya kok ga bisa tampil gmn cara om?
    silahkan berkunjung

    ReplyDelete
  14. mas nanya dunk .. klo kasus nya pas mau copy lama di excell lama kenapa yah? tiap mau copy dan paste pasti loading lama padahal kadang cuma 1 kotak pun lama ... trims

    ReplyDelete
  15. pak : mohon solusi kenapa di excell saya banyak sekali page break preview nya....! mohon info master

    ReplyDelete
  16. Thanks brow.................
    mujarab.

    ReplyDelete
  17. mkasih mas membantu sekali...udah browsing kemana-mana akhirnya dpt solusi dari sini, thx

    ReplyDelete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. Timakasih berhasil ternyata padahal tadi sudah cari kemana-mana hahahha

    ReplyDelete
  20. sudah coba semua cara , saat udah mau putus asa , nemu blog nya mas, makasih ya mas, masalah terselesaikan

    ReplyDelete