Cari

Sunday, December 14, 2008

Protect Teraman USB Flashdisk Dari Virus/Worm/Trojan dan Keluarganya

Dari banyak survey ditemukan bahwa USB flash-disk adalah sumber penularan virus terbesar. Sebenarnya inilah cara teraman dan terpraktis agar USB flash-disk kita tidak kena virus bila ditancapkan ke komputer lain. Teknologi ini sudah dikenal sejak dulu, tapi saat ini jadi asing terlihat dan seperti hewan langka, hampir punah.

Heran seribu heran. Teknologi sepele yang berguna ini justru 'dihilangkan' minimal susah nyarinya. Bagaimana tidak, dulu, ketika jaman kuda gigit besi disket 5.25" yang besar, tipis, rentan rusak dan rentan berjamur itu, fasilitas write-protect pada removable bernama floppy disk ini sungguh sangat berguna. Pada jaman itu, virus menyebar dari layer sistem operasi.

Saat ini, ketika tren Microsoft-Windows based virus semakin bervariatif dan menggila karena virus dapat dibuat cepat dengan program2 utility atau programming language sederhana, malah tidak ditemukan lagi fasilitas maha penting ini. Saya hanya menemui fasilitas ini pada flashdisk-flashdisk generasi 2-3 tahun yang lalu. Itupun tidak semua.

Write-protect merupakan fasilitas pada removable disk (USB flashdisk, floppy, MMC dll)yang berguna agar komputer tidak bisa menulis/memodifikasi/menghapus dsb isi dari removable disk kita. Fasilitas ini difungsikan secara mekanis bukan oleh program, sehingga tidak ada kemungkinan intelligent attack dapat menyerang. Artinya, ketika kunci dari removable kita digeser ke posisi 'lock', maka removable drive kita akan kehilangan sementara fungsi 'write' nya (kalo dalam konteks disket (floppy), floppy drivenya yang dibuat 'loyo' untuk menulis).

Fasilitas write-protect cocok untuk pengguna berikut :
1. Mereka yang sering pakai flashdisk berpindah-pindah hanya untuk mengcopy atau melihat isinya (tidak untuk diolah kembali atau tidak bertanggungjawab untuk mengolah kembali data tersebut di komputer lain). Contohnya pembicara di banyak seminar atau rapat yang membawa dokumen dari rumah untuk dipresentasikan pada forum. Biasanya mereka akan misuh-misuh, karena sehabis acara flashdisknya udah penuh virus. Bahkan, ada yang mengandaikan bahwa flashdisk adalah ibarat celana dalam, "pemakaiannya tidak boleh dipertukarkan dengan orang lain".
2. Technical support yang hendak memberantas virus atau software di komputer client. Dengan menggunakan write-protect, Anda bisa mencolokkan flashdisk Anda yang berisi antivirus/tool lainnya dengan tenang dan siap beraksi.

Melihat-lihat mp5-player saya yang buatan cina, ternyata ada fasilitas lock di sana. Wah kemajuan nih, pikir saya. Tapi pikiran tersebut sirna ketika ternyata saya aktifkan locknya, mp5-player tersebut menjadi tidak berguna karena semua fungsi 'dibekukan' (tidak ada respon). Oleh karena itu sampai saat ini saya masih setia dengan flash-disk butut kantor saya yang 'bergembok'.

gambar dari : http://mbot.multiply.com/market/item/38

6 comments:

  1. Baca judulnya kau pikir akan dapat artikel tentang cara mengamankan flashdisk yang hilang, alias flashdisknya yang hilang. :)
    Tapi betul, teknologi bodoh itu ampuh dan penting. 'Bodoh' karena sekedar mengganjal write secara mekanis. Bahkan Secure Digital Card menggunakan itu sebagai fitur andalan pembeda dengan card lainnya.
    Jadi inget, disket yang berisi DOS harus diprotek, juga master2 game. Malah sering sebel ketika save ga bisa krn lupa membuka proteknya. :)

    ReplyDelete
  2. digembok dirante di taliken ke jangkar, wekkek ngawur

    ReplyDelete
  3. @bootdir: wah iya juga ya, judul postingnya menimbulkan penafsiran ganda
    @cebong: sing penting absen ya jeng, makasih kekekeke

    ReplyDelete
  4. Tanya Bang... Apakah Flasdisk bisa rusak akibat jatuh ? saya pernah punya flashdisk kayak diatas, tapi umurnya pendek... gimana ya ?

    ReplyDelete
  5. iya nih, susah banget nyari yang model gitu. sampe sekarang belum dapet :-(

    ReplyDelete
  6. gimana ya cara hilangin write proctected?????
    tolongin gw dong!!!!!!!!!!!!
    capa aja yang tau caranya.................................please.
    makasih untuk orang yang mau jawab

    ReplyDelete