Cari

Wednesday, December 17, 2008

Tanda-tanda Komputer Berbasis Windows 'Kutuan'

Di hari-hari menjemukan sebagai teknisi komputer di kantor saya, bila disuruh mengecek suatu komputer yang terasa lebih lambat kinerjanya atau mulai tidak berfungsi sebagaimana mestinya sehingga mengganggu pekerjaan, dalam beberapa "lihat-lihat" saya sudah bisa mendiagnosa (kira-kira) ini komputer kena virus atau tidak.

Saya pinter? Punya reg spasi mantra? atau bagaimana?


Tentu tidak. Cuma ada beberapa tanda-tanda komputer windows Anda terkena virus yang bisa saya share di sini (sesuai pengalaman saya tentunya) :
1. Task Manager (ctrl-alt-del) dan Menu Run (Start-Run) tidak bisa dibuka tanpa kita pernah mengubah settingnya. Ini adalah bagian dari cara klasik virus melindungi dirinya.
2. Ada file-file dengan icon folder padahal file tersebut type-nya bukan File Folder tapi Application. Atau icon lainnya seperti excel padahal tipenya application.
3. Pada windows explorer, coba klik Menu "Tools". Bila terkena virus biasanya Sub Menu "Folder Options" tidak ada (harusnya ada!).
4. Tidak bisa menjalankan msconfig (Start-Run-msconfig-OK)) dan Regedit (Start-Run-Regedit-OK).
5. Pada taskmanager bagian tab Process, ada proses-proses aneh, such as "svchosts" (yg normal ga ada "s" di paling belakang), "eksplorasi", "RavMonE", apalagi kalo "My Love" dsb yang tidak nampak pada aplikasi yang berada di desktop.
6. Pada taskmanager lagi, ada aplikasi yang bisa nge-run vb script/.vbs (saya lupa judulnya), nah ada kemungkinan itu juga virus (kalo yg ini harus di teliti lagi dengan ngeliat gejala lainnya.
7. Sering keluar tulisan aneh entah itu di Notepad, atau Caption atas suatu windows aplikasi dsb

Mmmhh dah ada 7 tu, ada lagi yg mo nambahin?

11 comments:

  1. Boz kalo yg nggandakan folder tu jga virus kan boz dedi

    ReplyDelete
  2. @cheluz: iya salah satunya
    @ducky: ho oh.

    ReplyDelete
  3. thanks for the information...very usefull...

    ReplyDelete
  4. Ooo. gitu yah.
    Thanks infonya

    ReplyDelete
  5. trus, cara mengatasinya gimana?

    ReplyDelete
  6. @heny,jay,anank: mudah2an bermanfaat
    @anonym: saya mengandalkan antivirus biasa ditambah cara-cara heuristik yg bisa anda lihat di posting saya yg lain kategori 'pchealth'.

    ReplyDelete
  7. kalo saya mah sih solusinya kalo kena virus segera tepe2 ma pcmav :D

    ReplyDelete
  8. pcmav CLN.exe sebaiknya dijalankan di flashdisk terproteksi atau langsung dari CDnya agar tidak ikutan terserang virus.

    ReplyDelete