Cari

Friday, April 4, 2008

Yang perlu diperhatikan kalo mau beli tanah

1. Kelengkapan surat-surat
Apakah masih C1 atau sudah sertifikat? Atas nama penjualnya atau bukan? Jangan-jangan masih C1 yang belum turun waris sementara nama di C1 sudah meninggal dan parahnya para ahli waris ada 17 orang tersebar di penjuru Indonesia!
2. Akses jalan
Lihat akses jalan ke sana. Bisa dilewati mobil? Jalannya masih tanah atau sudah aspal/konblok? Ada juga lho yang jual tanah murah tapi gak punya akses jalan.. alias harus beli tanah dulu untuk dijadikan jalan dari tetangga pemilik tanah.
3. Lingkungan
Ini walaupun kelihatan sepele tapi bisa mempengaruhi minat orang atas tanah. Tanah yang dekat dengan peternakan (bau dan banyak lalat!) tentu berbeda dengan tanah yang dilingkungan perumahan atau pegawai kantoran. Tanah dekat dengan pemukiman atau perumahan yang ramai tentu beda dengan di desa walaupun kadang ada yang mengunggulkan lokasi yang dataran tinggi dan dingin sebagai calon tempat peristirahatan/villa. Lingkungan yang berprospek untuk pusat pembangunan dan akan cepat maju juga berbeda harganya. Untuk ini Anda dapat mencuri info ke dinas tata kota... hehehe
4. Fasilitas umum
Selain jalan seperti poin 2, tanah Anda dapat berharga lebih mahal jika dekat dengan fasilitas umum penting seperti : dilewati angkutan umum, warung kelongtong, pasar, rumah sakit, sekolah tempat olahraga. Apa anda bersedia ke pasar sejauh 2km hanya untuk beli Gas?
5. Kualitas air tanah
Untuk minum, MCK dsb.. apakah harus mengebor sumur sampai 15m, atau 7.5m sudah ada airnya?
6. Keamanan
Baik dari tingkat kriminalitas maupun dari bahaya alam.. misalnya letak tanah 20m dari jurang tinggi. WOW!

No comments:

Post a Comment